Jenis kain untuk kebaya


AndiraFashion ~ Tentunya dengan seiring berjalannya waktu, mode jenis kain kebaya juga menjadi semakin pesat. Sekarang ini, kebaya tak lagi hanya menggunakan kain brokat, kain organdi, kain koal halus atau yang lainnya. Bahan yang digunakan untuk kebaya sekarang semakin bervariasi mulai dari kain tule, sifon, maupun lace.
Buat anda yang masih bingung mau menggunakan bahan apa untuk pembuatan kebaya simak penjelasan berikut.

Beberapa jenis kain untuk kebaya, dan gambarnya:

1.Brokat

Kain brokat adalah jenis kain yang paling sering digunakan untuk kebaya, misal nya untuk membuat kebaya wisuda, kebaya pengantin atau kain kebaya modern untuk anda yang ingin tampil cantik tapi sederhana di acara pesta.
Brokat bukanlah bahan renda, bukan pula bordir, atau kain lainnya.
Brokat menampilkan pola yang rumit, misalnya bunga-bunga, tanaman, dan unsur-unsur alam lainnya. Brokat merupakan salah satu jenis kain untuk kebaya wisuda.

2. Sifon

Jenis kain untuk kebaya yang berikut nya adalah sifon Satin merupakan kain yang ditenun menggunakan teknik filamen sehingga nantinya memperlihatkan cirikhas mengkilap  pada permukaan dan juga licin.
Kain sifon jika dipakai bahan nya akan berkesan “jatuh” sehingga akan terlihat cantik dan anggun bagi anda yang menggunakan nya. Namun karena bahan nya yang tipis jenis kain sifon sedikit sulit  untuk dibentuk

3. Organdi

Kain organdi merupakan jenis kain yang lebih kaku dari jenis kain sifon  namun memiliki tekstur yang lembut kain ini juga tidak kalah dengan jenis kain lain nya.
Kain ini juga sering dijadikan untuk kebaya pengantin, busana malam, dan busana pesta.
Buat anda yang merasa kesulitan untuk membentuk dengan bahan sifon. Kain ini bisa menjadi solusi bahan nya yang kaku namun tetap memiliki tekstur yang lembut

4.Tile
Jenis kain tile merupakan kain ringan berbentuk jala dengan lubang kecil yang dulu hanya digunakan untuk membuat kostum penari balet dan gaun pengantin saja.
Di era modern ini kain tile sudah banyak digunakan sebagai variasi busana yang lebih modern dengan cara mengerutkan kain agar menumpuk diarea tertentu dan biasanya dipasang pada bagian leher, pergelangan tangan, dan ujung-ujung baju.

5. Lace
Kain lace merupakan jenis kain yang berenda.
Jenis kain ini juga cocok untuk jenis kain untuk kebaya pengantin.
Dahulu kain ini sangat identic dengan gaya orang tua. Namun namun di era modern kain ini sudah di aplikasikan keberbagai jenis busana.
Jenis kain ini memberikan kesan elegan dan anggun bagi anda yang memakai nya sehingga dapat dikenakan di berbagai kesempatan. Kain ini biasa nya digunakan untuk busana tradisional seperti kebaya
6. Sutra
Kain sutra merupakan jenis kain yang diperoleh dari serat alami berupa filamen yang dihasilkan dari larva ulat sutra pada saat membuat kepompong.
Karakteristik dari kain ini antara lain lembut, halus, ringan, berkilau, dingin dan dapat menyerap keringat.
Sehingga sangat cocok bagi anda yang tinggal di daerah yang beriklim tropis.
Karena sifat nya yang lembut dan kuat kain ini juga sering dijadikan sebagai kebaya
Ternyata banyak sekali jenis kain untuk kebaya.

Jenis – jenis kain kebaya diatas hanyalah beberapa jenis kain kebaya yang ada sebenar nya masih banyak lagi jenis kain kebaya diluar sana hanya anda perlu mencari yang sekira nya cocok untuk anda pakai.




Jenis kain untuk kebaya Jenis kain untuk kebaya Reviewed by saifulchamdi on Juni 28, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.