3 Ide jitu mengembangkan bisnis konveksi anda




Konveksi adalah sebuah usaha dalam memproduksi pakaian secara banyak atau massal. Singkatnya usaha konveksi adalah usaha industri rumah tangga dalam skala relatif kecil yang memproduksi segala bentuk pakaian jadi seprti kemeja, kaos, celana dan berbagai produk pakaian lainnya. Biasanya bisnis ini memiliki kurang dari 50 mesin jahit. Walaupun usaha konveksi termasuk usaha dalam skala kecil. Tapi kebutuhan akan pakaian selalu ada dan relatif stabil. Oleh karena itu peluang usaha konveksi masih banyak diminati oleh para pebisnis. Permintaan pasar akan kebutuhan pakaian masih relatif meningkat dan hal ini menyebabkan banyak peluang terbuka untuk usaha konveksi.


Untuk memulai sebuah usaha, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan. Termasuk kerugian dalam sebuah bisnis. Tidak ada usaha yang tidak mendapatkan kerugian. Tapi tentunya selalu ada solusi yang bisa mengatasi beberapa kerugian yang mungkin akan terjadi. Termasuk mencari tahu tentang tips ampuh menjalankan sebuah usaha. Mendapatkan informasi sebelum memulai sangat dibutuhkan agar bisa menghindari kerugian. Berikut beberapa tips untuk memulai sebuah usaha konveksi.

1. Optimalkan lahan
Walaupun usaha konveksi tidak melulu memerlukan lahan yang luas seperti sebuah usaha yang mengelola sumber daya alam. Usaha konveksi ini dapat anda jalankan dengan lahan atau tempat yang telah anda miliki. Daripada anda harus repot membeli atau bahkan menyewa tempat untuk menjalankan usaha ini. Anda tentu saja bisa mengoptimalkan lahan yang telah ada. Karena usaha ini termasuk usaha kelas menengah dan relatif kecil, lahan sempitpun bisa menjadi tempat usaha anda. Bukankah anda hanya membutuhkan tempat untuk meletakkan berbagai mesin khususnya mesin jahit? Optimalkanlah tempat yang tersedia.

2. Tawarkan kerja sama

Ketika usaha konveksi anda sedang menurun cobalah tawarkan kontrak kerja sama dengan pabrik besar. Terkadang beberapa pabrik besar membutuhkan jasa dari usaha konveksi untuk membantu pengerjaan proyek mereka. Usaha apapun tidak akan selalu berjalan mulus. Akan adakalanya permintaan akan menurun bahkan terjadi dalam waktu lumayan lama. Saat inilah anda harus lebih peka dan mencari rekan kerja sama yang jujur dan bertanggung jawab. Biasanya, rumah produksi yang memiliki skala lebih luas membutuhkan jasa menjahit dan memotong.

3. Buka pabrik kecil dirumah anda

Seperti yang telah dibahas pada poin pertama. Untuk pengoptimalan lahan, rumah juga bisa dijadikan pabrik usaha konveksi anda sendiri. Selain lebih mudah mengandalikan proses pengerjaan, membuka usaha konveksi dirumah juga menghemat biaya. Tentunya selalu ada tempat yang cukup luas dirumah untuk membuka usaha anda sendiri. Selain menghemat biaya, anda juga bisa lebih leluasa mengontrolnya. Carilah beberapa pekerja lain yang bisa diajak kerja sama untuk membangun usaha konveksi ini. Tanyakan mayoritas kebutuhan apa yang selalu dicari dilingkungan anda.






3 Ide jitu mengembangkan bisnis konveksi anda 3 Ide jitu mengembangkan bisnis konveksi anda Reviewed by saifulchamdi on April 26, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.